Cara Mengeluh dengan Sopan dalam Bahasa Inggris

Cara Mengeluh dengan Sopan dalam Bahasa Inggris

Dalam kehidupan, ada banyak pengalaman buruk yang menghampiri, biasanya seseorang akan merasa marah dan melontarkan kata-kata berisi keluhan. Meskipun, cara terbaik untuk mengatasi hal buruk bukanlah keluhan, tetapi sering kali emosi tidak bisa dikendalikan. Dalam belajar bahasa apa pun termasuk bahasa Inggris, anda diperbolehkan mengeluhuntuk meredakan emosi.

Cara ini, terbilang lebih sopan dibandingkan mengeluarkan kata-kata makian yang cenderung kasar. Apa yang keluar dari mulut seseorang itu cerminan dirinya. Tidak ada seorang pun yang ingin dipandang buruk, oleh karenanya berkeluh kesah harus tetap tenang.

Kata kunci ekspresi mengeluh dalam bahasa Inggris dengan sopan

Sering kali, seseorang yang belum tentu bersalah harus menerima konsekuensi ataupun tambahan pekerjaan dari sebuah keputusan. Jika ini terjadi kepada anda, tetaplah ramah dalam bersikap untuk meluruskan ataupun menyangkal tuduhan tersebut. Tidak berbeda dengan bahasa Indonesia, ungkapan keluhan dalam bahasa Inggris juga perlu pemilihan kata yang tepat.

  1. Menggunakan kata “Maaf”

Mengawali ungkapan berbahasa Inggris dengan kata “Maaf”, ternyata tidak hanya berlaku pada ekspresi permintaan tolong maupun setelah melakukan kesalahan. Lebih baik menggunakan “Permisi” ataupun “Maaf” ketika ingin mengeluhkan sesuatu, apalagi jika seseorang yang akan menerima keluhan tersebut adalah atasan anda.

Daripada menggunakan kata-kata kurang sopan dan marah, “I’amsorry to say this, but…” di awal perkataan akan meningkatkan prosentase mendapatkan apa yang diinginkan. Selain itu, ungkapan yang berisi keluhan dapat disampaikan dengan menjelaskan terlebih dahulu jika ada sesuatu hal yang bermasalah. “I’amafraid, thereis a slight problem with…” contohnya.

Sementara itu, penggunaan “Excuseme” (permisi) juga baik untuk mengawali sebuah percakapan komplen dalam berbahasa Inggris.

  • Memberitahu jika anda tidak suka dengan sesuatu hal

Jangan menganggap jika orang lain mampu mengerti apa yang tersembunyi dalam hati anda, ketika kata-kata itu tidak dijelaskan. Apabila kejadian atau keputusan yang diambil menimbulkan rasa marah, tidak salah mengatakannya tetapi dengan kata-kata yang sopan. Misalkan I’amangryabout…

Meskipun mempunyai maksud yang sama, mengatakan “saya merasa marah tentang…” dengan cara sopan akan lebih enak didengarkan oleh orang lain.

  • Mengatakan “Maaf mengganggu anda” terlebih dulu

“Iamsorry to brotheryou” merupakan salah satu ungkapan umum yang digunakan orang untuk mengutarakan keberatan akan tugas, keputusan, ataupun hal lainnya. Tujuannya agar lawan bicara merasa dihargai terlebih dahulu, sehingga akan mempengaruhi keputusannya.

Contohnya, ketika menghubungi seorang customer service yang harus menanggapi ribuan keluhan, kata tersebut bisa membuatnya sedikit rileks dalam menangani komplen yang anda ajukan lebih baik.

  • Menggunakan pertanyaan untuk meminta bantuan

Seseorang mengeluh karena adanya masalah yang datang. Dalam dunia kerja, anda bisa memberitahu rekan kerja jika pekerjaan tersebut tidak relevan untuk dikerjakan seorang diri. Dibandingkan memohon, akan lebih baik memberi pertanyaan apakah dia mau membantu. “Can youhelpme?” sangat cocok untuk mengutarakan keberatan akan pekerjaan kantor.

  • Ungkapan yang bersifat mengingatkan

Ada beragam keluhan yang bisa mengganggu seseorang, anda harus bisa memilih ungkapan yang tepat. Ketika sumber ketidaknyamanan adalah orang lain belum memberikan rekap bulanan untuk tutup buku penjualan misalnya, gunakan kata-kata yang terkesan mengingatkan. Contohnya, “ I thinkyoumighthaveforgotten”.

Cara positif menanggapi keluhan berbahasa Inggris

Memahami ungkapan tentang komplen seseorang sangat penting dipelajari karena tidak selamanya anda akan menjadi pihak yang mengutarakan rasa tidak nyaman. Sebaiknya memberi  tanggapan positif, apalagi jika profesi yang digeluti berkaitan dengan customer. Berikut adalah beberapa respon positif dalam bahasa Inggris.

  1. Biasakan meminta maaf terlebih dahulu, misalnya “I’amsorrythiswillneveroccur” yang mengatakan jika anda sangat menyesal atas kejadian tersebut.
  2. Berjanji hal tersebut tidak terulang kembali “I’amsosorry, wepromisenever to make thismistakeagain”.

Dalam keadaan marah, kecewa, dan merasa tidak mendapatkan keadilan tentang sesuatu hal, anda bisa mengeluarkan keluhan dengan menggunakan kalimat di atas agar lebih sopan. Tentunyadenganpenggunakankalimat yang tepatakanmenjadikansebuahkalimat yang diucapkanbisabaik dan tepat.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*